Pakai Teknologi Terbaru, KJP Kuching Sukses 200 Operasi Lutut dalam 7 Bulan

Perayaan kesuksesan 200 operasi lutut dalam 7 bulan oleh KPJ Kuching. (Foto: Istimewa)
Perayaan kesuksesan 200 operasi lutut dalam 7 bulan oleh KPJ Kuching. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka – Salah satu Grup Rumah Sakit Kumpulan Perubatan Johor (KPJ) Healthcare Malaysia, Rumah Sakit Spesialis KPJ Kuching di Serawak, mencapai tonggak sejarah besar dalam bedah ortopedi, dengan menyelesaikan operasi lutut yang ke-206 menggunakan teknologi bantuan robot terbaru yang disebut ROSA’ dalam waktu 7 bulan. Presiden dan Direktur Utama KPJ Healthcare Chin Keat Chyuan mengatakan, ini adalah komitmen pihaknya dengan memberikan rawatan yang berteknologi tinggi yang mengutamakan kesembuhan pasien.

Pencapaian ini tidak hanya menyuguhkan komitmen KPJ Healthcare untuk mengadopsi teknologi inovatif yang meningkatkan kesehatan pasien dan efisiensi operasional dalam jaringannya, tetapi juga menandai momen penting dalam sejarah perawatan kesehatan di Pulau Kalimantan.

“Dengan mengintegrasikan teknologi ROSA ke dalam layanan KPJ Kuching, Grup telah menunjukkan komitmennya terhadap perawatan terdepan yang berpusat pada pasien. Inisiatif merintis di wilayah ini tidak hanya menetapkan standar baru untuk keunggulan bedah dalam penggantian lutut total (TKR), tetapi juga menegaskan kembali komitmen kami untuk memajukan standar perawatan kesehatan dan memberikan hasil yang luar biasa bagi pasien kami,” ujar Chin Keat Chyuan, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/3).

Keberhasilan program ROSA dirayakan pada acara 200 Lompatan, Sejuta Senyuman: Perjalanan Luar Biasa KPJ Kuching dengan ROSA (200 Leaps, A Million Smiles: KPJ Kuching’s Remarkable Journey with ROSA), yang dimeriahkan oleh Wakil Menteri Utama untuk Kesehatan Masyarakat, Perumahan, dan Pemerintahan Lokal Datuk Amar Professor Dr. Sim Kui Hian, Wakil Presiden Zimmer Biomet, Asia Tenggara, dan Asia Selatan Ng Tze Mau, Presiden dan Direktur Utama KPJ HealthcareChin Keat Chyuan, tim manajemen senior Grup dan dokter bedah ortopedi dari rumah sakit spesialis KPJ.

Adopsi teknologi ROSA di KPJ Kuching telah merevolusi operasi TKR dengan teknik invasif yang minimal yang telah menyebabkan waktu pemulihan lebih cepat dan meningkatkan kesehatan pasien. Dari Agustus 2023, ketika ROSA pertama kali dibawa ke KPJ Kuching, hingga Februari 2024, rumah sakit mencatat peningkatan yang signifikan dalam jumlah operasi TKR yang sukses, dengan lonjakan 28,7 persen dibandingkan dengan jangka waktu yang sama setahun sebelumnya, mencapai total prosedur baru sebanyak 360 tindakan.

Peningkatan substansial ini mencerminkan efektivitas ROSA dan dedikasi KPJ Healthcare untuk mengadopsi solusi canggih untuk perawatan pasien. Integrasi teknologi ROSA tidak hanya meningkatkan presisi bedah tetapi juga secara signifikan meningkatkan pengalaman pemulihan bagi pasien, yang mencerminkan rasa percaya diri dan kepuasan yang kuat di antara mereka.

KPJ Healthcare berada di garis depan dalam menggabungkan teknologi medis mutakhir, sebuah komitmen yang dicontohkan kemitraan strategis Grup dengan Zimmer Biomet, pelopor perangkat dan teknologi medis global. Kolaborasi ini telah memungkinkan KPJ Kuching untuk mengadopsi ROSA, sebuah inovasi terkemuka dalam operasi penggantian lutut.

“Kemitraan kami dengan Zimmer Biomet telah menjadi hal yang sangat penting, menandai langkah KPJ Kuching menuju keunggulan medis dengan teknologi ROSA. Ini bukan hanya tentang teknik barum Ini adalah lompatan dalam kualitas perawatan yang kami berikan, seperti yang terlihat pada hasil tindakan yang meningkat dan kepercayaan diri yang tinggi diungkapkan oleh pasien setelah operasi,” jelas Chin Keat Chyuan.

“Melihat ke depan, keberhasilan yang dicapai sejauh ini hanyalah langkah awal dalam perjalanan kami menuju peningkatan kualitas perawatan. Setelah melampaui angka 200 operasi TKR yang teratasi melalui ROSA di KPJ Kuching, kami bertujuan untuk memperluas tingkat perawatan ini pada seluruh jaringan rumah sakit kami di seluruh negeri, menetapkan standar baru dalam perawatan kesehatan yang memadukan inovasi mutakhir dengan kasih sayang yang berpusat pada pasien,” ujar Chin.

Dr. Lee Woo Guan, sebagai ahli bedah ortopedi terkemuka di KPJ Kuching, memainkan peran penting dalam integrasi dan keberhasilan teknologi ROSA untuk prosedur TKR. Keahlian dan komitmennya sangat penting dalam meningkatkan pelayanan pasien, berkontribusi signifikan terhadap peningkatan tingkat keberhasilan bedah rumah sakit. KPJ Healthcare merangkul tenaga medis tingkat lanjut dan memberikan hasil pasien yang luar biasa.

“Saya merasa senang dengan keberhasilan teknologi robotik yang membantu pengobatan lutut dan memberikan dampak positif bagi pasien. Transformasi teknologi ini bukan sekadar merayakan pengobatan dan secara langsung dapat meningkatkan kesembuhan pasien. Saya sangat bangga dengan upaya yang diberikan oleh tim bedah kami di Rumah Sakit KPJ Healthcare, yang membantu pasien dari awal hingga akhir pengobatan.” ucap Dr Lee Woo Guan.

Pada waktu yang sama, KPJ Healthcare juga menyelenggarakan acara Sungkey atau Berbuka Puasa dan memberikan santunan pada anak yatim piatu panti asuhan dari Rumah Amal Nur Murni dengan menyerahkan zakat dari KPJ Kuching sebesar 72 ribu ringgit Malaysia atau sekitar Rp 250 juta.https://nutriapel.com/wp-admin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*