PSI Perkuat Kapasitas Saksi Di TPS Untuk Cegah Kecurangan

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia PSI Kaesang Pangarep. (Foto: Ist)
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia PSI Kaesang Pangarep. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka – Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menyampaikan PSI memperkuat kapasitas saksi di tempat pemungutan suara (TPS) sebagai salah satu cara mencegah kecurangan di pemungutan ataupun penghitungan suara Pemilu 2024.

“Kami memperkuat saksi-saksi supaya nanti tidak ada kecurangan,” kata Kaesang kepada wartawan usai menghadiri kampanye akbar PSI di Lokajaya Stadium, Tuban, Jawa Timur, Jumat (9/2/2024).

Kaesang mengatakan, saksi tersebut nantinya akan dikerahkan di masing-masing tempat pemungutan suara. Namun, hal itu masih menyesuaikan dengan jumlah kader PSI yang tersedia.

Dia melanjutkan PSI berupaya untuk memastikan saksi dari partai tersebut dapat tersebar di setiap TPS di seluruh Indonesia. 

“Ya nanti semoga kita bisa memenuhi. Di seluruh TPS bisa ada,” kata Kaesang. 

Sejauh ini, PSI baik di tingkat maupun daerah sudah menggelar sejumlah bimbingan teknis untuk menguatkan kapasitas saksi.

Berikutnya, terkait dengan kampanye akbar di Tuban tersebut, Kaesang berharap suara dari masyarakat Tuban dapat membawa PSI ataupun pasangan calon presiden dan wakil presiden yang mereka dukung, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, masuk ke parlemen atau memperoleh suara melewati ambang batas parlemen. 

“Semoga Tuban bisa menyumbangkan suara nasional buat PSI maupun Pak Prabowo dan Mas Gibran supaya bisa menang sekali putaran,” kata dia.

Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia. Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.
Untuk pilpres, KPU telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.https://nutriapel.com/wp-admin/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*