Korut-Korsel di Ambang Perang! China Beri Respons Begini

Jakarta, CNBC Indonesia РChina buka suara terkait ketegangan dan potensi perang antara Korea Utara dan Korea Selatan menyusul serangan artileri pasukan Kim Jong Un di dengan dua pulau Negeri Ginseng.

“Dalam situasi saat ini, kami berharap semua pihak terkait tetap tenang dan menahan diri, menahan diri dari mengambil tindakan yang memperburuk ketegangan, menghindari eskalasi situasi lebih lanjut, dan menciptakan kondisi untuk dimulainya kembali dialog yang bermakna,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Wang Wenbin, dilansir AFP, Jumat (5/12/2024).

Berdasarkan laporan kantor berita Yonhap, beberapa jam setelah laporan serangan tersebut, marinir Korea Selatan di pulau perbatasan Yeonpyeong melakukan latihan tembakan artileri.

“Kami mencermati perkembangan dan perubahan situasi di Semenanjung Korea,” tambah Wang.

Wang menyatakan China menyadari bahwa konfrontasi antara pihak-pihak terkait makin meningkat akhir-akhir ini dan memanaskan situasi di Semenanjung Korea.

“Sebagai tetangga semenanjung, China selalu menganjurkan menjaga perdamaian dan stabilitas di semenanjung dan menyelesaikan masalah semenanjung melalui dialog dan konsultasi,” tuturnya.

Adapun hubungan dekat China dengan Korea Utara terlihat awal pekan ini ketika Presiden Xi Jinping berbicara melalui telepon dengan Kim Jong Un pada Hari Tahun Baru.

Menurut laporan Xinhua, percakapan tersebut memperlihatkan kedua pemimpin mendeklarasikan tahun 2024 sebagai “Tahun Persahabatan Tiongkok-DPRK”, menggunakan akronim dari nama resmi Korea Utara.

“Dalam beberapa tahun terakhir, kata Xi, kerja sama persahabatan tradisional antara China dan DPRK telah memasuki periode sejarah baru dengan upaya bersama,” lapor Xinhua.

“Dalam situasi baru di era baru, (Partai Komunis China) dan pemerintah China selalu memandang hubungan China-DPRK dari perspektif strategis dan jangka panjang,” tambah Xinhua.

“Merupakan kebijakan China yang teguh untuk mempertahankan, mengonsolidasikan, dan mengembangkan hubungan persahabatan dan kerja sama yang telah lama terjalin antara kedua negara.” https://blejermot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*