Ini Lokomotif KA Bandung Raya yang Rusak Parah Usai Tabrak KA Turangga

Jakarta, CNBC Indonesia РKereta Commuterline Bandung Raya terlibat tabrakan dengan KA Turangga di Kampung Babakan Desa Cikuya Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung tepatnya di km 181 + 5/4 pagi tadi, Jumat (5/1/2024). Akibat kecelakaan ini, 4 orang meninggal dunia termasuk masinis, asisten masinis, pramugara dan satuan keamanan KA. Adapun 28 orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

Kedua lokomotif terlibat tabrakan hebat hingga menyebabkan salah satunya rusak parah. Lokomotif tersebut adalah CC201 77 17 yang berbalut Livery Vintage logo roda sayap khas PJKA.

Lokomotif CC2017717 merupakan lokomotif CC201 ke-4 dari 5 lokomotif yang menggunakan vintage livery. Lokomotif ini merupakan lokomotif CC 201 generasi ke 4 yang memiliki livery vintage berlogo roda sayap khas PJKA.

Lokomotif ini sekaligus menjadi seri CC 201 berlivery vintage dengan usia paling tua diantara CC 201 lainnya yang ada di Pulau Jawa, dimana lokomotif ini merupakan salah satu seri CC 201 Batch Pertama yang dihadirkan di Indonesia pada tahun 1977.

Sesuai dengan penomoran, Lokomotif CC2017717 sudah berusia 47 tahun. Meskipun berusia tua, lokomotif CC 201 masih melayani kereta api jarak jauh kelas ekonomi maupun campuran hingga kereta barang.

Tabrakan kereta antara kereta lokal Commuter Line Bandung Raya dengan KA Turangga.  (Photo by TIMUR MATAHARI/AFP via Getty Images)

Lokomotif ini didatangkan sebagai upaya PJKA memodernisasi sarananya. Dilansir dari Bank Dunia, pengadaan lokomotif ini juga merupakan bagian dari Rencana Pembangunan Lima Tahun (REPELITA) bagi perusahaan PJKA. Pengadaan lokomotif CC 201 terus berlanjut dari tahun 1977 hingga tahun 2005.

Teknologi yang dibawa oleh lokomotif CC 201 saat itu tergolong baru untuk tahun 1977. Lokomotif ini diberi kode GEU18C oleh General Electric selaku pabrik pembuatnya. Lokomotif ini menggunakan mesin GE 7FDL8.

Mesin yang digunakan oleh lokomotif CC 201 berjenis mesin empat tak. Mesin ini banyak digunakan di Indonesia. Mesin ini dilengkapi turbocharger. Turbocharger adalah alat yang diputar oleh aliran gas buang untuk memompa udara ke dalam ruang bakar mesin diesel untuk meningkatkan kinerja mesin diesel sehingga keluaran daya yang dihasilkan akan tinggi. Mesin ini ditenagai oleh bahan bakar solar jenis HSD (high speed diesel). https://mesintik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*