Emiten Prajogo Pangestu (BREN) Caplok 3 PLTB Jumbo

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Emiten energi terbarukan milik Prajogo Pangestu PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) menyelesaikan akuisisi tiga aset pengembangan pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB). BREN melalui anak usahanya PT Barito Wind Energy (BWE) dan ACEN Renewables International, melalui anak perusahaannya, ACEN Investments HK Limited (ACEN HK) telah menyelesaikan transaksi tersebut.

Mengutip keterbukaan informasi, BWE telah mencaplok 51% atau 19.364 saham dari PT UPC Sukabumi Bayu Energy (Sukabumi) dan UPC Renewables Asia IV Limited (Asia IV) dan UPC Sukabumi (HK) Ltd (Sukabumi HK) dengan harga pembelian US$1,56 juta. Serta penerimaan novasi sebagian piutang atas development loan participation untuk Sukabumi sejumlah US$312.330 dari PT UPC Renewables Indonesia (UPCRI) dan US$2,18 juta dari UPC Renewables Limited (UPCRL).

Di samping itu, BWE juga mengambilalih sebanyak 10.200 saham yang mewakili sekitar 51% dari jumlah modal disetor dan modal ditempatkan PT Lombok Timur Bayu Energi (Lombok) dari UPC Renewables Asia VIII Limited (Asia VIII) dan UPC Lombok (HK) Ltd (Lombok HK) selaku para penjual dengan harga pembelian sebesar US$3,12 juta. Serta penerimaan novasi sebagian piutang atas development loan participation untuk Lombok sejumlah US$80.965 dari UPCRI dan US$171.351,53 dari UPCRL.

Dari tiga aset pengembangan tersebut, ACEN HK akan memiliki 49% sisanya. Adapun tiga aset pengembangan pembangkit listrik tenaga angin tahap akhir, dengan potensi kapasitas gabungan sebesar 320 MW, berlokasi di provinsi Sulawesi Selatan (Sidrap 2), Sukabumi dan Lombok di Indonesia.

Hal ini seiring untuk mencapai target Indonesia emisi nol bersih pada tahun 2060, yang mencakup komitmen untuk meningkatkan produksi energi terbarukan hingga 23% pada tahun 2025.

“Barito Renewables tetap teguh dalam mendukung upaya Indonesia mencapai masa depan net zero dan menyediakan energi ramah lingkungan secara lokal dan global,” kata Hendra Tan, CEO Barito Renewables sebelumnya. https://berharaplahlagi.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*