ChatGPT Dikabarkan Mau Tendang Asisten Google dari HP Android

Jakarta, CNBC Indonesia – ChatGPT meluncurkan kemampuan baru untuk bisa menjadi aplikasi default dalam HP Android. Artinya pengguna dapat mengganti Google Assistant dengan ChatGPT sebagai asisten pribadi baru.

Kemampuan baru itu mengubah cara mengakses platform. Sebelumnya perintah chatbot dilakukan secara manual yakni mulai dari membuka aplikasi versi Android dan mengetik atau mendiktekan permintaan, berikutnya tunggu hingga chatbot memberikan respons.

OpenAI menyadari masalah itu dan mencoba memberikan kemampuan baru. Jadi pengguna tinggal berbicara kepada ChatGPT untuk mengakses platform tersebut.

Android Authority melaporkan, kemampuan ini hadir pada versi 1.2023.352. Di sana terdapat aktivitas bernama com.openai.voice.assistant.Assistant Activity.

Setelah diaktifkan, aktivitas itu akan menampilkan animasi berputar seperti saat menggunakan mode Google Assistant. Tampilan serupa akan muncul pada aplikasi lainnya, dikutip dari Android Authority, Jumat (5/1/2024).

Laporan yang sama menyebutkan nampaknya fitur belum sepenuhnya siap. Karena saat dicoba animasinya terus berputar dan tertutup sendiri sebelum bisa memberikan perintah.

Kabarnya kode yang muncul juga belum lengkap. Versi terbaru ditambahkan file XML dengan nama assistant_interaction_service yang berisi tag layanan interaksi suara.

Android Authority menyebutkan platform masih tidak bisa membuat kata cepat khusus atau merespon dengan yang sudah ada sebelumnya. Sebab dibutuhkan API istimewa untuk mengaksesnya. https://documentsemua.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*