Cara Mencari dan Menghapus Foto Duplikat di HP Android dan iPhone

Jakarta, CNBC Indonesia –¬†Perkembangan smartphone membuat kita makin mudah untuk memotret di manapun dan kapanpun. Namun ini juga membuat terlalu banyak foto dengan objek sama.

Duplikat foto ini memakan ruang pada memori HP dan akun cloud. Bahkan bisa memenuhi memori dan cara satu-satunya adalah menghapus semua foto yang sama.

Untuk mencari dan menghapus semua foto tersebut perlu waktu yang cukup lama. Namun ada cara untuk melakukannya dengan cepat baik di Android dan iOS.

Simak caranya berikut ini, dirangkum dari Popsci, Jumat (5/1/2024):

Cara menghapus foto duplikat di HP Android

Di dalam Google Photos terdapat pendeteksi foto duplikat. Saat pengguna mengunggah gambar yang sama dengan yang tersedia di library, maka gambar tidak akan disimpan.

Jika masih ada foto duplikat terdapat kemungkinan lain. Misalnya foto yang diambil memang sangat mirip atau telah diatur dengan ukuran gambar yang berbeda.

Untuk foto yang ada di dalam ponsel, Anda dapat menggunakan Files by Google. Berikut cara hapus foto duplikat:

1. Buka aplikasi
2. Klik ikon Clean pada toolbar di bagian bawah
3. Jika ada file duplikat maka akan ada permintaan untuk menghapusnya.
4. Klik tombol Select untuk memilih foto duplikat mana yang akan dihapus
5. Jika ingin menghapus semua duplikat, pilih All Duplicates. Hanya foto serupa yang akan terhapus, file asli tetap akan tersimpan.

Bagi Anda pengguna Samsung dapat menggunakan cara ini:

1. Buka aplikasi Samsung My Files
2. Scroll ke bawah dan pilih Manage storage dan Duplicate files
3. Jika ada file duplikat maka akan terlihat bersama dengan file aslinya
4. Pilih file yang sama untuk dihapus dengan klik ikon Delete di bagian bawah

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tools dari pihak ketiga. Banyak alat tersebut tersedia di Google Play Store.

Langkah menghapus foto duplikat di iPhone

Sama seperti Android, jika Anda menyimpan foto di Google Photos maka foto duplikat tidak akan disimpan. Selain itu juga ada aplikasi pihak ketiga yang bisa menghapus foto serupa di iPhone.

Sementara itu bagi yang menggunakan Apple Photos di iPhone dapat menekan menu Albums di bagian bawah layar. Berikutnya scrolling layar ke Duplikat untuk mengecek apakah ada foto duplikat di ponsel.

Jika ada foto yang sama maka akan terlihat di samping gambar asli dalam urutan kronologis. Gambar terlama akan diletakkan di bagian atas.

Klik tiga titik di bagian atas dan masuk ke menu Filter untuk menampilkan foto atau video saja atau keduanya secara bersama. Berikutnya tekan tombol Merge untuk menghilangkan duplikat tambahan.

Apple akan menyimpan file dengan kualitas tertinggi, sementara sisanya akan dipindahkan ke album Recently Deleted. https://berikanlah.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*